INFO KEMITRAAN

Kantor Pusat :

* Jl. Pandu Raya 43 -Indraprasta II BOGOR

** No Telp/SMS untuk Order & Konfirmasi Pembayaran :0251 - 8910911

** No Telp untuk Info Mitra dan Pemasaran : 081286835759 (Basri Adhi)

** E-mail : basriadhi01@gmail.com atau misterblek@gmail.com

** TWITTER : @basri_adhi

* REKENING BANK :

*** BCA no 4780096662 a/n Ir Basri Adhi
*** MANDIRI no 133-00-1084284-7 a/n Ir Basri Adhi
*** Selain no rekening di atas, adalah bukan nomor rekening kami


24 February 2014

Superman Itu Tak Ada

Pertemuan jumat lalu jauh dari suasana bersahabat.  "Vonis" sudah dijatuhkan, bahwa dari kerjasama yang berjalan empat bulan, disimpulkan saya tak bisa memberikan hasil yang baik.  Semua hal -yang dianggap- kesalahan sudah dibongkar.

Karena vonis itu sudah jatuh, saya tak berniat berpanjang-panjang dengan argumentasi teknis dan operasional.  Karena vonis itu sudah jatuh, berargumentasi justru akan membuat konflik.  Saya mungkin salah, mereka mungkin benar : mungkin bisa sebaliknya.  Terima saja.

Begitulah fakta dalam hidup.  Tak semua kerjasama bisa bekerja dengan baik sesuai rencana.  Kita merasa, kita sudah melakukan banyak hal, tapi karena hasilnya tak sesuai harapan, tetap saja kita akan berada dalam posisi keliru.  

Begitulah fakta dalam usaha, selalu ada resiko.  Kita tak bisa menghindar dari resiko usaha, yang bisa kita lakukan adalah memperkecilnya.  Salah satu cara memperkecilnya adalah : melakukan riset sedetil mungkin. Riset soal siapa bakal mitra usaha kita, sampai dimana dia mengembangkan sayap kerjanya, apa saya yang dia kerjakan untuk mengembangkan usahanya.  Ketika kita memutuskan masuk ke sebuah bisnis, maka kita musti siap dengan segala resikonya.  Jangan dibalik prosesnya, memutuskan dulu baru melakukan riset.  Pasti, di akhir cerita akan muncul perdebatan dan konflik.

Saya sudah menerima "vonis" itu.  Bila benar saya tak profesional, maka baiklah itu buat saya.  Kabar baiknya, saya bisa belajar dari rekan bisnis saya ini soal profesionalisme. Dan saya akan belajar banyak hal dari "vonis-vonis" yang sudah dijatuhkan, mungkin itu akan membuat saya lebih pintar.

Karena saya bukanlah Superman,  Superman itu tak ada.