INFO KEMITRAAN

Kantor Pusat :

* Jl. Pandu Raya 43 -Indraprasta II BOGOR

** No Telp/SMS untuk Order & Konfirmasi Pembayaran :0251 - 8910911

** No Telp untuk Info Mitra dan Pemasaran : 081286835759 (Basri Adhi)

** E-mail : basriadhi01@gmail.com atau misterblek@gmail.com

** TWITTER : @basri_adhi

* REKENING BANK :

*** BCA no 4780096662 a/n Ir Basri Adhi
*** MANDIRI no 133-00-1084284-7 a/n Ir Basri Adhi
*** Selain no rekening di atas, adalah bukan nomor rekening kami


10 November 2010

Malas dan Menunda : Penyakit Berbahaya ...



Kemarin malam, saya lagi-lagi mendapat protes dari seorang mitra yang berkata : " kok MISTERBLEK pusat bisa dengan gampang ikut event sana, ikut event itu...kok saya sulit, dan ngurusin event kan repot, ngapain MISTERBLEK pusat mau repot-repot? kenapa uangnya nggak dipakai ikutan Franchise EXPO di JHCC Senayan atau pasang iklan gede di koran?"

Ijinkan saya menjawab. Strategi pengembangan usaha dengan "rajin mengikuti event" adalah startegi utama yang kami terapkan dalam pengembangan brand ini. Kami ingin selain ada pengenalan brand juga ada "experience" dari calon pelanggan (dan bahkan calon mitra). Dengan biaya yang relatif tak tinggi, kami bisa berada di kalangan-kalangan yang berpotensi membeli produk kami. Kalau kami ikut satu pameran besar -misal di Franchise EXPO- dengan biaya besar, kami hanya menjangkau ceruk : ceruk para calon mitra (yang secara emosional hanya ketemu pada saat itu saja). Mengapa emosional? karena mereka (calon mitra) hanya mendengar penjelasan kita saja, tapi tak melihat sendiri bagaimana produk kita digemari oleh masyarakat awam (para pembeli).

Pasang iklan di Koran? Hmmm...bukan cara yang tepat untuk "pemula" seperti saya. bahkan berurusan dengan media cetak/elekteronik pun ada kiatnya. Sekedar pasang iklan display -saya jamin- bukan startegi yang tepat. Bahkan cenderung sia-sia, di tengah banyaknya media yang makin ter-fragmentasi pasarnya : dan cenderung menawarkan harga iklan hanya dengan satu kiat : MURAH.

Maka, lihatlah foto di samping : ini adalah penampilan produk KOPIBLEN (versi ekonomis dari MISTERBLEK coffee), disajikan dengan harga Rp 6000/cup : ternyata diserbu mahasiswa. Foto diambil di Kampus IPB Darmaga dalam event yang digelar oleh mahasiswa FATETA (10 November 2010). Dan ini adalah event ke 12 dalam kurun sebulan terakhir. Dan sudah ada 3 event serupa ngantri dalam 2 minggu ini.

Capek dan Malas sebagai alasan menunda? Tidak ! Silakan cek postingan kami pertama dari blog ini (tahun 2006 lalu), sedari awal kami mencoba FOKUS dan KONSISTEN dengan strategi ini. Karena, Malas dan Menunda adalah penyakit berbahaya...karena malas dan menunda membuat kita tak melakukan apa-apa selain mengeluh, mencari kambing hitam dan terus terjerumus dalam limbah tak berguna.

FOKUS dan KONSISTEN itu saja resepnya ... biar tangan Tuhan yang membantu kita. Bismillah, semangat