INFO KEMITRAAN

Kantor Pusat :

* Jl. Pandu Raya 43 -Indraprasta II BOGOR

** No Telp/SMS untuk Order & Konfirmasi Pembayaran :0251 - 8910911

** No Telp untuk Info Mitra dan Pemasaran : 081286835759 (Basri Adhi)

** E-mail : basriadhi01@gmail.com atau misterblek@gmail.com

** TWITTER : @basri_adhi

* REKENING BANK :

*** BCA no 4780096662 a/n Ir Basri Adhi
*** MANDIRI no 133-00-1084284-7 a/n Ir Basri Adhi
*** Selain no rekening di atas, adalah bukan nomor rekening kami


16 July 2009

Ini cara kami berpromosi, semoga berguna buat anda


Beberapa hari lalu, saya mendapat e-mail dari calon mitra yang sudah sangat bersemangat untuk bergabung dalam jaringan MISTERBLEK coffee. Kamipun menanggapi dengan sangat antusias.
Ada beberapa rencana yang dibeberkan pada kami, termasuk akan menyisihkan sejumlah besar dana untuk berpromosi di Koran : tujuannya agar banyak yang ingin merasakan produk ini dan ingin menjadi mitra.
Tapi, kami tak setuju.
Tak semata karena saya (pribadi) pernah bekerja du dunia media (cetak), tak kurang 13 tahun lamanya. Tapi kami ingin mitra bekerjasama dengan kami, memakai system promosi yang –Alhamdulillah- sudah terbukti : murah, efisien, efektif dan kena sasaran. Dengan segala permohonan maaf, untuk model bisnis dan produk non mainstream seperti MISTERBLEK- promosi di Koran kurang cocok.
Lalu, promosi apa yang cocok supaya usaha bisa cepat berkembang? Ijinkan kami bertukar cerita.
Pertama. Dalam posting kami terdahulu, sudah pernah kami tulis soal :”Dua lebih baik dari satu, tiga lebih baik dari dua”. Kalau anda memiliki pilihan membuat satu outlet bagus, atau memiliki tiga outlet yang biasa saja tapi ada di tiga lokasi sekaligus (misalnya) : maka saya akan sangat menyarankan ambil pilihan kedua. Karena, ini adalah bisnis retail : memiliki banyak outlet, membuat calon konsumen lebih mudah menemukan anda. Juga, semakin banyak tenaga kerja yang anda serap (artinya, makin banyak karyawan yang ikut berdoa untuk anda).
Kedua. Buatlah seolah produk anda di mana-mana. Ikutlah segala macam acara, event, aktivitas yang di sana ada orang banyak berkumpul. Ada kiat khusus agar anda tak perlu membayar “cash” sewa lokasi/stand di event : dengan barter misalnya. Cara ini jelas lebih capek, ketimbang anda memasang iklan di Koran, misalnya. Tapi jelas lebih efektif hasilnya. Tak hanya promosi, “trial product” namun juga omzet bisa anda raup. Bahkan, bila anda mampu, bisa dicoba jadi EO kecil-kecilan untuk mulai bikin event sendiri. Tak ada yang tak mungkin kok, Cuma butuh sedikit nyali dan jaringan.
Ketiga. Dokumentasikan segala kegiatan anda di atas. Catat hasilnya dan sampaikan hasilnya pada dunia. Pakai media yang paling murah : internet. Internet, membuat “brosur” kita hidup 24 jam dan bisa diakses dari seluruh dunia. Bagi kita “masyarakat penjual” narsis itu wajib. Bagaimana orang akan percaya dan yakin akan produk anda, bila anda tidak PD waktu menjualnya? Jadi berceritalah pada dunia, bahwa telah bekerja keras menjual produk terbaik yang pernah ada.
Berikan kemudahan pada khalayak untuk memberikan respon. Selanjutnya-tetap bekerja keras - anda tinggal melihat hasilnya.
Tips kecil ini sungguh bekerja untuk kami, semoga juga bekerja buat anda.